Sabtu, 27 November 2010

SISTEM INFORMASI SEKOLAH TERPADU

Suatu aplikasi yang bisa membantu merapikan dan mempercepat kinerja administrasi sekolah serta yang dapat memberikan contoh langsung ke siswa, itulah aplikasi sistem informasi terpadu yang telah kami rancang. Mengapa demikian?

Institusi sekolah merupakan tempat untuk membentuk serta mendidik generasi muda, tetapi kebanyakan permasalahan institusi sekolah kesulitan dalam memberikan contoh penggunaan dari ilmu yang dipelajari khususnya bidang Teknologi Informasi. Melihat kondisi yang demikian, kami dari “IT-Solution Indonesia” menawarkan suatu Sistem Informasi Sekolah Terpadu berbasis komputer yang telah ada di sekolah sebagai salah satu sarana belajar siswa.

Klik DISINI untuk download SISTEM INFORMASI SEKOLAH TERPADU

Manfaat dan keuntungan yang akan diperoleh
Bagi pengelolah Sekolah (guru serta karyawan) :



* Dapat memberikan contoh langsung salah satu penerapan dan manfaat Teknologi Informasi di kehidupan sehari-hari.
* Menyederhanakan dan mempermudah administrasi sekolah.
* Mempercepat pelayanan terhadap siswa maupun pihak – pihak yang terkait.
* Biaya relatif murah (software bisa gratis)

Bagi Siswa :

* Pengenalan aplikasi sistem komputer lebih dini.
* Siswa mengerti manfaat dan pentingnya menguasai teknologi tinggi, sehingga membantu penalaran dan kreasi siswa khususnya dibidang ilmu Teknologi Informasi (IT)

Sistem Informasi Sekolah yang kami tawarkan mencakup beberapa hal, antara lain :

1. Aplikasi Database Siswa, Guru dan Karyawan Sekolah
2. Aplikasi Keuangan Sekolah
3. Aplikasi Pengolahan Nilai Siswa
4. Aplikasi Administrasi perpustakaan
5. Aplikasi Absensi Siswa, Guru dan Karyawan Sekolah
6. Aplikasi Aplikasi BK

Untuk memberi gambaran yang lebih jelas dan detail mengenai software Sistem Informasi Sekolah Terpadu, berikut akan dijelaskan isi dari menu program beserta fungsinya dan keuntungan yang bisa diperoleh pihak sekolah.
1. Aplikasi Database Siswa, Guru dan Karyawan Sekolah

Aplikasi administrasi sekolah ini bertujuan merapikan database administrasi sekolah, antara lain data buku induk siswa dan data guru (kapan mulai mengajar dan juga latar belakang pendidikannya) hanya dengan cara sangat mudah tinggal klik sana dan klik sini. Dengan cara ini dimungkinkan pencarian data hanya dibutuhkan waktu beberapa detik.

Fungsi :

* Merapikan database siswa, guru dan karyawan sekolah serta membuat arsip dalam bentuk file tercetak maupun file database komputer.

Keuntungan Pihak Sekolah :

* Bisa dengan lebih cepat mencari serta mencetak data baik siswa, guru maupun karyawan
* Bisa dengan mudah mencari data siswa per kelas, ruang dan jurusan

2. Aplikasi Administrasi Keuangan

Aplikasi adminitrasi keuangan terdiri dari berbagai aplikasi yaitu :

1. Jenisi Rutin Bulanan --> Pembayaran Bulanan, Laporan Detail Pembayaran Bulanan, Laporan Tunggakan Pembayaran Bulanan dan Rekapitulasi Pembayaran Bulanan
2. Jenis Angsuran --> Pembayaran Bulanan, Laporan Detail Pembayaran Bulanan, Laporan Tunggakan Pembayaran Bulanan dan Rekapitulasi Pembayaran Bulanan
3. Jenis Per item --> Pembayaran Bulanan, Laporan Detail Pembayaran Bulanan, Laporan Tunggakan Pembayaran Bulanan dan Rekapitulasi Pembayaran Bulanan
4. Kas Keluar
5. Kas Masuk
6. Buku Kas
7. Buku Jurnal
8. Tabungan

Fungsi :

* Untuk menerima pembayaran uang SPP dan administrasi sekolah lainnya

Keuntungan Pihak Sekolah :

* Sekolah mempunyai bukti uang yang diterima dalam bentuk cetakan ataupun file komputer
* Memudahkan petugas membuat laporan detail pembayaran
* Memudahkan petugas mencari siapa saja siswa yang sudah dan belum membayar membayar SPP dan Administrasi lainnya pada bulan tertentu setiap saat
* Petugas dengan cepat bisa membuat rekapan pembayaran SPP dan administrasi lainnya

3. Pengolahan Nilai Siswa

Aplikasi pengolah nilai yang cepat dan efisien tanpa mengganggu fungsi guru untuk memberikan pengajaran kepada muridnya adalah salah satu keinginan kami, untuk itu kami mencoba membuat aplikasi pengolah nilai yang membantu sekolah untuk mempercepat proses pengolahan nilai hingga tercetaknya raport .

Fungsi :

* Pemasukan dan pengolahan nilai serta pencetakan raport siswa

Keuntungan Pihak Sekolah :

* Mudah memasukkan nilai tiap mata pelajaran per kelas secara bersamaan
* Pengolahan nilai dilakukan software dengan parameter yang telah ditentukan sekolah
* Mudah dalam pencetakan nilai raport dalam bentuk angka maupun dalam bentuk diskripsi

4. Administrasi perpustakaan

Aplikasi perpustakaan berfungsi merapikan administrasi perpustakaan secara komputerisasi, aplikasi perpustakaan ini merupakan salah satu dari software / aplikasi adminitrasi sekolah produk dari IT - Solution Indonesia. Pada aplikasi perputakaan ini akan dibuatkan menu sederhana mulai input data anggota perpustakaan hingga input buku perpustakaan. mengapa dikatakan sederhana?

Karena dalam aplikasi ini untuk mengisi (input) data anggota dan juga buku bisa dilakukan menggunakan data yang sudah dimiliki oleh perpustakaan yang biasanya tersusun dalam file excel, tetapi tentunya perlu sedikit editing agar sesuai dengan struktur database aplikasi perpustakaan sekolah ini.

Keunggulan lain aplikasi perputakaan produk kami adalah support dengan webcam sehingga data anggota bisa dilengkapi dengan fotonya tanpa harus meminta anggota lama untuk setor foto, jadi saat anggota perpustakaan tersebut meminjam buku maka petugas perpustakaan mengambil foto anggota perpustakaan tersebut. Bukan ini saja bahkan buku inventaris perpustakaan bisa juga dimasukkan fotonya, hal ini bertujuan memudahkan anggota perpustakaan untuk melihat bentuk buku yang akan dipinjam.

Fungsi :

* Menginventariskan buku dan merapikan arsip pinjaman buku siswa
* Membuat katalog buku
* Membuat kartu anggota perpustakaan yang support dengan software kami (ada barcodenya)
* Bisa support dengan webcame yang berguna untuk memasukkan gambar buku dan foto anggota perpustakaan

Keuntungan Pihak Sekolah :

* Mudah memeriksa jumlah buku dan mencetak daftar buku yang ada
* Dapat membuat bukti peminjaman buku siswa
* Dapat mengetahui daftar siswa yang sering meminjam buku di perpustakaan
* Dapat mengetahui daftar judul buku yang paling diminati (dipinjam) siswa
* Mudah memeriksa daftar siswa yang terlambat dan mempunyai tanggungan buku pinjaman

5. Absensi Siswa, Guru dan Karyawan Sekolah

Absensi sering menjadi permasalahan yang membosankan, setiap hari memanggil nama anak tiap masuk dan pulang. Kami mencoba membuat aplikasi absensi yang menjadikan proses absensi menjadi aktifitas biasa artinya anak saat masuk sekolah dan keluar sekolah. Dengan aplikasi absensi ini aktifitas absen bisa dilakukan sambil berjalan saat siswa masuk sekolah dan pulang sekolah

Fungsi :

* Mencatat siswa, guru dan karyawan yang hadir maupun tidak hadir

Keuntungan Pihak Sekolah :

* Absensi dilakukan dengan cepat dan mudah
* Bisa mencetak daftar hadir siswa, guru dan karyawan setiap saat
* Bisa merekap jumlah kehadiran dan ketidakhadiran siswa, guru dan karyawan setiap saat
* Bisa memeriksa apakah yang bersangkutan terlambat atau tidak

6. Aplikasi BK/BP
Perkembangan kejiwaan anak menentukan prestasi yang akan dicapai siswa tersebut, karena kalau kondisi siswa tidak stabil (tidak bisa konsentrasi belajar) dijamin seluruh pelajaran yang diberikan menjadi kabur entah kemana. Oleh karena itu kami mencoba membantu dengan merancang aplikasi BK/BP yang mencatat perkembangan kejiwaan anak sehingga bisa guru BP/BK menentukan keputusan apa yang diambil untuk menghadapi permasalahan si anak

Fungsi :

* Pembuatan arsip prilaku dan perkembangan jiwa siswa

Keuntungan Pihak Sekolah :

* Dapat dengan cepat dan mudah melihat daftar pelanggaran siswa
* Dapat membuat keputusan dengan cepat tindakan apa yang akan dilakukan sekolah pada siswa dengan melihat arsip yang ada
* Dapat melihat perkembangan kepribadian siswa yang bermasalah serta mengambil tindakan apa yang sebaiknya dilakukan padanya

Dari penjelasan di atas dan juga terlihat jelas bahwa dengan menggunakan Sistem Informasi ini sangat membantu pihak sekolah untuk meningkatkan pelayanannya.

Alat - alat yang diperlukan

1. Komputer
2. Software khusus Sistem Informasi Sekolah Terpadu
3. ID Card yang berisikan kode digital untuk setiap siswa, guru dan karyawan (optional)
4. Barcode scanner (optional)

1. Komputer. Alat ini diperlukan untuk menyimpan data siswa, guru dan karyawan serta untuk kepentingan administrasi lainnya. (catatan : tidak perlu beli jika pihak sekolah sudah memiliki komputer)
2. Sofware khusus Sistem Informasi Sekolah Terpadu. Software yang kami tawarkan bisa digunakan dalam bentuk jaringan komputer misalnya komputer yang ada di bagian tata usaha, bendahara, kepala sekolah, guru BP dan perpustakaan dihubungkan dalam satu jaringan yang nantinya masing – masing komputer bisa menggunakan seluruh data secara bersama – sama.
3. ID Card / kartu identitas. Kartu identitas ini mempunyai kode digital berupa barcode yang berbeda untuk tiap siswa, guru maupun karyawan. ID Card ini bisa digunakan untuk beberapa fungsi, antara lain sebagai kartu Pelajar, kartu SPP, kartu Perpustakaan serta beberapa fungsi lain menurut kebutuhan sekolah.
4. Barcode Scanner, alat ini berfungsi untuk membaca kode digital pada ID Card atau kartu identitas buatan kami yang pada akhirnya akan memberikan kemudahan, kecepatan serta ketepatan dalam pelayanan terhadap siswa misalnya saat pembayaran SPP, pengecekan data siswa, memimjam buku di perpustakaan dan masih banyak kegunaan lainnya (catatan pihak sekolah tidak harus membeli alat ini dari kami)